Jumat, 04 November 2016

Mencetak Undangan Sendiri Ternyata Mudah



Paket Wedding Murah – Jakarta

Ketika Anda memutuskan untuk mempersiapkan paket wedding yang murah, tentu itu juga berarti Anda akan berusaha menekan anggaran di berbagai lini, termasuk salah satunya adalah undangan. Undangan  merupakan item yang cukup krusial dalam perencanaan pernikahan Anda. Karena, undangan itu pula yang pertama kali dilihat oleh tamu yang Anda undang sebelum ia memutuskan untuk hadir di pernikahan Anda.
Banyak orang yang bingung tentang undangan pernikahannya. Ia berharap bisa mendapatkan harga yang murah dan juga bagus. Namun sayangnya, seringkali istilah ada harga ada rupa itu berlaku. Tak jarang, undangan yang kita usahakan hanya sedikit memakan anggaran, terpaksa dicetak ulang lagi karena calon pengantin merasa tidak puas dengan hasil cetakan murah tersebut.

Namun kini Paket Wedding Murah merangkumkan untuk Anda langkah-langkah praktis untuk mencetak undangan pernikahan Anda sendiri menggunakan teknik cetak offset dengan mudah, murah, serta proses pembuatan yang relatif cepat:


1.       Siapkan Desain
Setiap calon pengantin biasanya sudah membayangkan gambaran desain undangan pernikahan mereka sendiri, baik dari segi bentuk, ukuran, dan juga tema yang menghiasi undangan hari bahagia mereka. Maka, yang perlu Anda lakukan sekarang adalah mencari desainer yang mampu merealisasikan gambar / bayangan di kepala Anda ke dalam bentuk file digital. Tarif untuk membuat desain undangan sendiri bervariasi. Ada yang gratis (teman sendiri), sampai juta-an rupiah. Tergantung dari orang yang Anda mintai bantuan.

2.       Buat / Cetak Plat (Acuan Cetak)
Setelah Anda membuat desain, maka selanjutnya Anda perlu membuat plat (acuan cetak) di tempat-tempat yang khusus menyediakan jasa pembuatan plat cetak offset. Biasanya usaha yang menyediakan jasa tersebut berada di satu lokasi yang saling berdekatan dengan tempat percetakan. Salah satu contoh, kalau di kota Bandung ada komplek Pagarsih yang berisi banyak percetakan.
Ilustrasi Plat Acuan Cetak

Namun, yang perlu dipersiapkan adalah silahkan Anda datang ke tukang cetak, kemudian tanya mesin yang digunakan, setelah itu sampaikan kepada tukang pencetak plat mesin yang digunakan oleh tukang cetak. Biaya pembuatan juga relatif murah. Untuk satu warna, biasanya terkena biaya cetak plat sebesar 30.000,- Jika desain yang Anda buat berwarna-warni atau bahkan gradasi, maka itu menggunakan 4 warna komplit (Cyanm Magenta, Yellow, Black).

Proses pencetakan plat ini hanya berlangsung +- 1,5 jam.

3.       Membeli Kertas
Setelah plat Anda selesai dicetak, silahkan beli kertas sesuai arahan tukang cetak. Yaitu arahan yang berisi ukuran kertas yang Anda pakai, jenis kertas yang paling cocok dengan kebutuhan Anda, dan juga jumlah kertas yang Anda pakai. Perlu diketahui, bahwa proses pencetakan offset terdapat error margin yang cukup besar. Kemungkinan error (penyesuaian warna) sekitar 30 lembar/ warna. Sehingga, jika Anda ingin mencetak 400 undangan, maka Anda perlu membeli kertas +- 550 lembar.Sekali lagi, silahkan konsultasikan dengan penyedia jasa cetak pilihan Anda untuk menentukan jumlah, jenis, dan ukuran kertas yang perlu Anda beli.

4.       Naik Cetak
Setelah kertas tersedia, bawa kertas (biasanya tukang kertas sudah terbiasa mengantar barangnya ke percetakan) tersebut ke percetakan. Proses cetak jugalah cukup cepat. Namun perlu diketahui, sekali naik cetak hanya untuk 1 warna. Maka jika Anda menggunakan 4 warna maka perlu dilakukan 4 kali naik cetak. Kabar baiknya, Anda tidak perlu memusingkan ini, karena hal ini akan diselesaikan oleh percetakan tanpa Anda fikirkan.

Ilustrasi : Naik Cetak

5.       Lamitasi
Proses laminasi bukanlah suatu keharusan, tergantung dari selera Anda. Dan proses laminasi sendiri ada 2 macam. Yaitu laminasi glossy (mengkilap) ataupun laminasi dof (tidak mengkilap). Proses ini juga berlangsung cukup cepat, yaitu sekitar 2.5 jam saja.

6.       Pembuatan Pisau
Naaah, ini sudah sampai pada tahap2 terakhir dalam pencetakan. Setelah selesai dicetak dan dilaminasi, yang perlu Anda lakukan adalah memotong. Dan untuk memotong ini diperlukan alat yang bernama pisau potong (pond). Biaya pembuatannya juga cukup murah, hanya sekitar Rp 400/m’, silahkan Anda hitung sesuai kebutuhan Anda.

Proses pembuatan pisau ini cukup panjang, kurang lebih sekitar 5 jam. Maka, proses pembuatan pisau ini bisa Anda lakukan berbarengan paralel saat Anda melakukan laminasi.

7.       Potong / Pond
Setelah pisau potong selesai, kini saatnya Anda memotong undangan sesuai kebutuhan Anda.

Demikian proses mudah, murah, dan juga cepat dalam proses membuat undangan pernikahan. Pengalaman kami, membuat 500 undangan berukuran 30 x 30 cm hanya menghabiskan biaya Rp 1.500.000,- dan memakan waktu 2 hari kerja. Jadi, berminat untuk mencetak undangan Anda sendiri? Kalau Anda tidak memiliki waktu untuk itu semua, silahkan hubungi kami di 0812 8289 1133 (sms/telp)

Admin - Paket Wedding Murah

5 komentar:

  1. wah ternyata bisa membuat undangan sendri yaaa
    paket catering di tangerang
    rias pengantin di tangerang
    terima kasih informaasinyaa

    BalasHapus
  2. Pengen punya usaha kaya gini.tapi belom tau dasarnya dan tempat"nya

    BalasHapus
  3. Cara tranper ke kertas undangan kekmana gan

    BalasHapus
  4. Cara tranper ke kertas undangan kekmana gan

    BalasHapus
  5. Cara tranper ke kertas undangan kekmana gan

    BalasHapus